Buah Semangka

Buah Semangka atau Buah tembikai (Citrullus lanatus, suku dari ketimun atau Cucurbitaceae). Semangka adalah tanaman yang merambat berasal dari daerah setengah gurun di Neara Afrika bagian selatan. Tanaman ini sebenarnya masih sekerabat dengan tamnaman labu-labuan (Cucurbitaceae), ketimun (Cucumis sativus) dan melon (Cucumis melo).

Semangka ini biasa dipanen buahnya untuk dikonsumsi karena memiliki ke segar dan Lebih segar lagi apa bila dibuat jus buah atau sop buah. Biji semangka yang telah dikeringkan dan disangrai dapat dimakan (kotiledon) sebagai kuaci dan enak di konsumsi ketika bersantai besama Keluarga.

Seperti anggota dari suku ketimun-ketimunan lainnya, tanaman ini merambat namun tidak membentuk akar adventif dan tidak bisa memanjat ke pohon di sekitarnya. Jangkauan rambatan pohon semangka dapat mencapai belasan meter dan tumbuh subur di Indonesia.

Daun Buah Semangka

Daun buah semangka berlekuk-lekuk di tepinya. Bunga Semangka sempurna, berwarna kuning, kecil (dengan diameter 3 cm). Semangka memiliki dua jenis bunga pada 1 tumbuhan: Pertama, bunga jantan, yang hanya mempunyai benang sari (stamen), dan Kedua, bunga banci/ hermafrodit, yang mempunyai benang sari serta mempunyai putik (pistillum). Bunga banci bisa dikenali dari ada-nya bakal buah (ovarium) pada bagian pangkal bunga berupa pembesaran yang berbentuk oval.

Buah semangka mempunyai kulit yang cukup keras, berwarna hijau pekat atau berwarna hijau muda dengan lirik hijau tua mengelilinginya. Tergantung kultivarnya, dan daging buahnya mempunyai kandungan air yang cukup banyak, dan daging buah yang berwarna merah atau kuning. Tanaman ini tahan akan kekeringan terutama ketika akan memasuki masa pembentukan buah.

Gambar Buah Semangka Kotak

Gambar Buah Semangka Kotak
Gambar Buah Semangka Kotak

Info Buah Semangka

Cara Menanam Semangka / Budidaya Buah Semangka / Budidaya Tanaman Semangka
Klasifikasi, Morfologi dan Kandungan Buah Semangka
Sejarah dan Jenis-Jenis Buah Semangka

Info Buah Semangka Untuk Kesehatan

Manfaat Semangka Untuk Kesuburan

Semoga informasi Yang kami sajikan tentang Buah Semangka ini bermanfaat dan memberikan kesehatan bagi kita untuk tetap beribadah kepada Allah SWT.

Tinggalkan Komentar: